Supportive Educative Dalam Asuhan Keperawatan Pada Pasien Congestive Heart Failure disertai Diabetes Melitus Tipe II

Keywords: aktivitas fisik, dispnea, penurunan curah jantung, perawatan suportif

Abstract

Kerusakan fungsional jantung pada penyakit Congestive Heart Failure (CHF) mengakibatkan gangguan gejala fisik. Terlebih lagi pasien gagal jantung disertai kondisi diabetes melitus berdampak pada kualitas hidup berupa keterbatasan aktifitas fisik, gangguan mental, dan penurunan peran sosial. Tujuan studi ini menerapkan asuhan keperawatan dengan pendekatan supportive educative pada klien CHF yang disertai Diabetes Melitus Tipe II. Desain yang digunakan yaitu studi kasus pada pasien CHF disertasi diabetes melitus tipe II melalui proses keperawatan meliputi pengkajian perumusan diagnosis, intervensi, implementasi, dan evaluasi keperawatan. Hasil studi menunjukkan masalah prioritas yang muncul yakni penurunan curah jantung berhubungan dengan perubahan kontraktilitas jantung ditandai dengan keletihan dan ejection fraction menurun sebesar 13%. Asuhan keperawatan supportive educative yang diberikan berupa pendidikan kesehatan, modifikasi perilaku, pengelolaan aktivitas secara bertahap, dan pengambilan keputusan terkait penyakit. Perawatan ini berdampak memperbaiki kondisi fisik sehingga pasien tampak energik, tidak sesak napas, konjungtiva tidak pucat, dan tanda vital dalam batas normal. Dengan demikian, asuhan keperawatan melalui supportive educative menjadi salah satu alternatif dalam perawatan pasien rawat inap dengan gangguan jantung disertai diabetes melitus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aspiani, R. Y. (2016). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Pada Pasien Gangguan Kardiovaskuler: Aplikasi NIC & NOC. Jakarta: EGC Medical Publisher.

Coetzee, B., Kohrman, H., Tomlinson, M., Mbewu, N., Le Roux, I., & Adam, M. (2018). Community health workers’ experiences of using video teaching tools during home visits—A pilot study. Health & Social Care in the Community, 26(2), 167–175. https://doi.org/10.1111/hsc.12488

Darmansyah, A. F., Nursalam, N., & Suharto, S. (2017). The Effectiveness of Supportive Educative in Increasing Self Regulation, Self Efficacy, and Self Care Agency to Control Glichemic Index in Patient with Type II Diabetes. Jurnal Ners, 8(2), 253–270. https://doi.org/10.20473/jn.v8i2.3828

Etemadifar, S., Bahrami, M., Shahriari, M., & Farsani, A. K. (2014). The effectiveness of a supportive educative group intervention on family caregiver burden of patients with heart failure. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, 19(3), 217.

Goodarzi-Khoigani, M., Moghadam, M. H. B., Nadjarzadeh, A., Mardanian, F., Fallahzadeh, H., & Mazloomy-Mahmoodabad, S. (2018). Impact of Nutrition Education in Improving Dietary Pattern During Pregnancy Based on Pender’s Health Promotion Model: A Randomized Clinical Trial. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, 23(1), 18–25. https://doi.org/10.4103/ijnmr.IJNMR_198_16

Hageman, P. A., Pullen, C. H., Hertzog, M., & Boeckner, L. S. (2014). Effectiveness of tailored lifestyle interventions, using web-based and print-mail, for reducing blood pressure among rural women with prehypertension: main results of the Wellness for Women: DASHing towards Healthclinical trial. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/s12966-014-0148-2

Halliday, S. J., Shi, H., Brittain, E. L., & Hemnes, A. R. (2018). Reduced free-living activity levels in pulmonary arterial hypertension patients. Pulmonary Circulation, 9(1), 2045894018814182. https://doi.org/10.1177/2045894018814182

Ismoyowati, T. W., Teku, I. S. D., Banik, J. C., & Sativa, R. A. O. (2021). Manajemen Nyeri untuk Congestive Heart Failure. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 12(3), 107–112. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf12126

Izzuddin, A., Dinianty, S. F., & Nazaahah, Z. (2020). Studi Literatur: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Hidup Pasien Penderita Gagal Jantung Di Indonesia. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 7(1), 381–392. https://doi.org/10.33024/jikk.v7i1.2348

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta.

Khairul Ummam, M. R., Sadiah Achmad, & Ratna Dewi Indiastuti. (2022). Karakteristik Kejadian Gagal Jantung Kongesti (GJK) pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 (DM tipe 2) di RSUD Al-Ihsan Bandung Tahun 2019-2020. Bandung Conference Series: Medical Science, 2(1), 272–277. https://doi.org/10.29313/bcsms.v2i1.670

Lukmawati, E., Wilandika, A., & Widianti, A. T. (2020). Pengaruh Supportive Educative terhadap Self Care Pasien Hipertensi pada Salah Satu Puskesmas di Bandung. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 6(2), 1–7. https://doi.org/10.33867/jka.v6i2.124

Paramita, A. A. K. Y., Saraswati, M. R., & Wiryawan, N. (2021). Gambaran Karakteristik Gagal Jantung pada Pasien Diabetes Melitus di RSUP Sanglah Denpasar. Jurnal Penyakit Dalam Udayana, 5(2), 37–45. https://doi.org/htpps://10.36216/jpd.v5i2.152

Prastiyo, M. D. (2021). Asuhan Keperawatan pada Tn. C dengan Congestive Hearth Failure. In Buletin Kesehatan (Vol. 3). Publikasi Ilmiah Bidang Kesehatan. Retrieved from https://eprints.umm.ac.id/86438/

Purnamawati, D. A., Arofiati, F., & Relawati, A. (2018). Pengaruh Supportive-Educative System terhadap Kualitas Hidup pada Pasien Gagal Jantung. Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 18(2). https://doi.org/10.18196/mm.180213

Rahmatiana, F., & Clara, H. (2019). Asuhan Keperawatan Pada Pasien Tn. A Dengan Congestive Heart Failure. Buletin Kesehatan: Publikasi Ilmiah Bidang Kesehatan, 3(1), 7–25. https://doi.org/10.36971/keperawatan.v3i1.58

Tim Pokja SIKI DPP PPNI. (2017). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. Jakarta: Dewan Pengurus Pusat.

Tjokoprawiro, & Dkk. (2015). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam: Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Rumah Sakit Pendidikan Dr.Soetorno Surabaya. Surabaya: Universitas Airlangga.

Trisnadewi, N. W., Adiputra, I. M. S., & Mitayanti, N. K. (2018). Gambaran Pengetahuan Pasien Diabetes Mellitus (Dm) Dan Keluarga Tentang Manajemen Dm Tipe 2. Bali Medika Jurnal, 5(2), 165–187. https://doi.org/10.36376/bmj.v5i2.33

Widia, C., Kurniasih, E., & Alifiar, I. (2021). Literature Review Pengaturan Tekanan Darah Dengan Low Impact Exercise Pada Penderita Hipertensi Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 6(4). https://doi.org/10.30651/jkm.v6i4.9350

World Health Organization. (2020). WHO Reveals Leading Causes of Death and Disability Worldwide. Retrieved from https://www.who.int/news/item/09-12-2020-who-reveals-leading-causes-of-death-and-disability-worldwide-2000-2019
Published
2024-01-16
How to Cite
Wilandika, A., & Rachmawati, A. (2024, January 16). Supportive Educative Dalam Asuhan Keperawatan Pada Pasien Congestive Heart Failure disertai Diabetes Melitus Tipe II. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 8(1), 1-8. https://doi.org/https://doi.org/10.33655/mak.v8i1.183
##“article.abstract”## viewed = 1008 times
PDF downloaded = 790 times