GAMBARAN KOPING KELUARGA KLIEN DENGAN HEMODIALISA DI RSUD Dr. ADHYATMA, MPH SEMARANG

  • Ali Imam Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang
  • Emilia Puspitasari Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang
Keywords: Mengkudu, Hipertensi, Tekanan Darah

Abstract

ABSTRAK

Gagal ginjal merupakan ketidakmampuan ginjal dalam melaksanakan fungsinya. Wardani (2015) pasien yang menderita gagal ginjal kronik akan mengalami depresi, ansietas, keinginan untuk bunuh diri, dan keinginan untuk berhenti menjalankan terapi hemodialisa. Keadaan yang dialami oleh klien gagal ginjal juga akan berpengaruh pada keluarga. Menurut Sugiyanto (2015) menjelaskan bahwa keluarga yang mempunyai anggota keluarga yang dirawat di rumah sakit akan mengalami masalah psikososial diantaranya adalah koping keluarga tidak efektif. Menurut Herdman (2015), menjelaskan bahwa ketidakefektifan koping keluarga adalah ketidakmampuan untuk membentuk penilaian valid tentang stresor, ketidakadekuatan pilihan respons yang dilakukan, dan atau ketidakmampuan untuk menggunakan sumber daya yang tersedia Dalam penelitian ini mengkudu akan diolah menjadi bentuk jus mengkudu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran koping keluarga klien dengan hemodialisa di RSUD Dr. Adhyatma, MPH. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain studi kasus, dengan menggunakan pendekatan one group pretest-postest. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang memiliki hipertensi grade 1 dengan usia 40 sampai dengan 50 tahun di kampung gotong royong semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengambilan data dengan cara observasi menggunakan sphygmomanometer. Analisa data yang digunakan yaitu analisa data deskriptif.Hasil pengkajian sebelum dilakukan terapi, sebagian pasien mengalami hipertensi grade 1. Hasil yang didapatkan setelah pasien meminum jus mengkudu selama 3 hari yaitu terjadi penurunan tekanan darah sebanyak 10 sampai 20 mmHg pada tekanan darah sistoliknya, sedangkan pada tekanan darah diastolik seluruh pasien tidak mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena berat badan, tinggi badan, usia, jenis kelamin, yang mana karakteristik tersebut dapat mempengaruhi pendistribusian dan daya serap obat dalam tubuh. Ada pengaruh jus mengkudu terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi di kampung gotong royong semarang. Pasien hipertensi dapat menggunakan jus mengkudu dalam mengatasi hipertensi yang dialami, sebagai bentuk terapi komplementer yang murah, mudah, dan dapat dilakukan secara mandiri.

 

ABSTRACT

Hypertension is a condition in which blood pressure in the human body increases, and is a disorder that is difficult to know by the body. The only way to know hypertension is to measure blood pressure. Increased blood pressure that is not treated will cause complications such as stroke, heart failure, kidney failure, diabetes. Mengkudu is a herbal therapy that has many content one of them is scopoletin that works to widen blood vessels and blood circulation. In this study mengkudu will be processed into mengkudu juice form. This study aims to determine whether there is influence of mengkudu juice on the decrease in blood pressure in hypertensive patients. This research is a case study design study, using one group pretest-postest approach. Sampling in this study is patients who have grade 1 hypertension with age 40 to 50 years in the village gotong royong semarang. The sampling technique used is purposive sampling. Technique of collecting data by observation using sphygmomanometer. Analysis of data used is descriptive data analysis. Assessment results before the therapy, some patients experience grade 1 hypertension. The results obtained after the patient drank mengkudu juice for 3 days ie a blood pressure decrease as much as 10 to 20 mmHg in systolic blood pressure, while the diastolic blood pressure of all patients did not decrease. This is because weight, height, age, gender, which these characteristics can affect the distribution and absorption of drugs in the body. There is influence of juice mengkudu against decrease in blood pressure in hypertension patients in the village gotong royong semarang. Hypertensive patients can use mengkudu juice in overcoming hypertension experienced, as a form of complementary therapies are cheap, easy, and can be done independently.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ali Imam, Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang
Mahasiswa Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang
Emilia Puspitasari, Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang
Dosen Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang
Published
2017-01-09
How to Cite
Imam, A., & Puspitasari, E. (2017, January 9). GAMBARAN KOPING KELUARGA KLIEN DENGAN HEMODIALISA DI RSUD Dr. ADHYATMA, MPH SEMARANG. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 1(1), Hal 10-17. https://doi.org/https://doi.org/10.33655/mak.v1i1.4
##“article.abstract”## viewed = 422 times
Preview PDF 10-17 downloaded = 276 times