PENDIDIKAN KESEHATAN UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA PASIEN GAGAL GINJAL DENGAN HEMODIALISA

  • Desi Rahmawati Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang
  • Maulidta K W Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang
Keywords: GGK, hemodialisa, pendidikan kesehatan

Abstract

Hemodialisa merupakan pengobatan yang digunakan untuk pasien gagal ginjal tahap akhir pengobatan menggunakan hemodialisa tiga kali dalam seminggu untuk mengeluarkan cairan dan produk limbah dari dalam tubuh secara akut maupun secara progresif. Ketergantungan pasien terhadap terapi hemodialisa yang dijalani seumur hidup dapatmemunculkan permasalahan fisik dan psikis, salah satunya adalah kecemasan.

Tujuan studi kasus ini memberikan pendidikan kesehatan untuk menurunkan kecemasan pada pasien gagal ginjal kronik dengan hemodialisa.

Dengan menggunakan metode pendekatan asuhan keperawatan pada pasien gagal ginjal kronik.Subyek dari penelitian ini adalah 2 responden dengan kriteria inklusi dalam studi kasus ini adalah pasien yang baru menjalani hemodialisa, pasien yang memiliki fungsi pendengaran dengan baik, pasien yang memiliki kecemasan ringan dan sedang, pasien yang bersedia menjadi responden.

Hasil studi menunjukkan bahwa ke 2 responden didapatkan hasil pada pasien 1 sebelum diberikan pendidikan kesehatan skor kecemasan 25 setelah diberikan pendidikan kesehatan skor kecemasan 15 sedangkan pada pasien ke 2 sebelum diberikan pendidikan kesehatan skor kecemasan 26 seletah diberikan pendidikan kesehatan skor kecemasan 21.

Disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan pengaruh pemberian pendidikan kesehatan, reflet dan booklet terhadap tingkat kecemasan pada pasien 1 mengalami kecemasan ringan sedangkan pasien 2 mengalami kecemasan sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Desi Rahmawati, Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang

Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang

Maulidta K W, Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang

Lecture of Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang

Published
2019-01-20
How to Cite
Rahmawati, D., & W, M. (2019, January 20). PENDIDIKAN KESEHATAN UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA PASIEN GAGAL GINJAL DENGAN HEMODIALISA. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 3(1), 16-21. https://doi.org/https://doi.org/10.33655/mak.v3i1.53
##“article.abstract”## viewed = 1296 times
Full Text downloaded = 963 times