GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBIMBING KLINIK
Abstract
Latar Belakang: Pembelajaran praktik klinik memegang peranan penting dalam proses pendidikan mahasiswa keperawatan. Pembelajaran klinik memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam memberikan asuhan keperawatan. Pencapaian ketrampilan mahasiswa dalam praktik klinik tidak lepas dari peran pembimbing klinik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pembimbing klinik. Metode: Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian adalah pembimbing klinik di ruang rawat inap yang digunakan untuk praktik klinik mahasiswa keperawatan. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Hasil: Berdasarkan tingkat pendidikannya, sebagian besar pembimbing klinik (53.85 %) adalah Ners. Berdasarkan jenjang karirnya, semua pembimbing klinik (100%) memiliki jenjang karir perawat klinik III. Berdasarkan pelatihan pembimbing klinik yang diikuti, sebagain besar pembimbing klinik (69.23 % ) telah mengikuti pelatihan pembimbing klinik. Simpulan: Sebagian besar pembimbing klinik (53.85%) adalah Ners. Semua pembimbing klinik (100%) memiliki jenjang karir perawat klinik III. Sebagain besar pembimbing klinik (69.23 % ) telah mengikuti pelatihan pembimbing klinik. Saran: Perlu dilakukan peningkatkan kompetensi pembimbing klinik melalui pendidikan formal ataupun non formal.