KEEFEKTIFAN PEMBERIAN JUS BELIMBING PADA LANSIA DALAM MENURUNKAN TEKANAN DARAH DI PANTI WREDHA HARAPAN IBU SEMARANG

  • Mariyati Mariyati Akademi Akper Widya Husada Semarang
  • Wahyuningsih Wahyuningsih Akademi Akper Widya Husada Semarang
Keywords: Star fruit juice, decreased blood pressure, elderly

Abstract

ABSTRAK

 

Hipertensi adalah suatu kondisi abnormal dari tekanan darah yang di tandai dengan peningkatan tekanan darah di atas normal. Salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan tekanan darah tinggi adalah usia. Karena semakin bertambahnya usia seseorang maka pembuluh darah akan cenderung lebih kaku dan elisitasnya berkurang, sehingga mengakibatkan tekanan darah meningkat. Salah satu cara untuk mengobati hipertensi yaitu dengan mengkonsumsi jus belimbing. Jus belimbing dapat menurunkan tekanan darah, dikarenakan adanya kandungan kalium, kalsium dan magnesium pada buah belimbing yang mampu menurunkan tekanan darah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pemberian jus belimbing pada lansia dalam menurunkan tekanan darah di Panti Wredha Harapan Ibu Semarang.Metode yang di gunakan studi kasus dengan mengambil sampel sebagian dari keseluruhan lansia yang menderita hipertensi di Panti Wredha Harapan Ibu Semarang. Jumlah responden sebanyak 10 lansia yang di bagi menjadi dua kelompok yaitu 5 yang di beri jus belimbing dan 5 lagi yang tidak di beri jus belimbing. Instrumen dari penelitian ini adalah tensimeter, stetoskop dan lembar observasi. Hasil penelitian yang di lakukan didapatkan pada 5 responden sebelum dan sesudah di berikan jus belimbing selama 7 hari, kelima responden mengalami penurunan tekanan darah sistolik maupun diastoliknya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada keefektifan pemberian jus belimbing pada lansia dalam menurunkan tekanan darah di Panti Wredha Harapan Ibu Semarang.

 

ABSTRACT

Hypertension is an abnormal condition of blood pressure that is marked by an increase in blood pressure above normal. One of the factors that causes elevated high blood pressure is age. Because of the increasing age of a person the blood vessels will tend to be more rigid and reduced elicity, resulting in increased blood pressure. One way to treat hypertension is by consuming star fruit juice. Star fruit juice can lower blood pressure, due to the presence of potassium, calcium and magnesium content in star fruit that can lower blood pressure. This study aims to determine the effectiveness of starfruit juice in the elderly in lowering blood pressure in Panti Wredha Harapan Ibu Semarang.Metode in use case study by sampling a portion of the whole elderly who suffer from hypertension at Wredha Harapan Ibu Semarang Orphanage. The number of respondents as many as 10 elderly who are divided into two groups, namely 5 which is given starfruit juice and 5 more that is not given star fruit juice. Instruments of this research are tensimeter, stethoscope and observation sheet. The results of the research were obtained on 5 respondents before and after giving starfruit juice for 7 days, the five respondents had decreased systolic blood pressure and diastolic. The conclusion of this research is the effectiveness of juice starfruit juice in elderly in lowering blood pressure at Wedha Harapan Ibu Ibu Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mariyati Mariyati, Akademi Akper Widya Husada Semarang
Mahasiswa Akademi Akper Widya Husada Semarang
Wahyuningsih Wahyuningsih, Akademi Akper Widya Husada Semarang
Dosen Akademi Akper Widya Husada Semarang
Published
2017-01-09
How to Cite
Mariyati, M., & Wahyuningsih, W. (2017, January 9). KEEFEKTIFAN PEMBERIAN JUS BELIMBING PADA LANSIA DALAM MENURUNKAN TEKANAN DARAH DI PANTI WREDHA HARAPAN IBU SEMARANG. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 1(1), Hal 44-54. https://doi.org/https://doi.org/10.33655/mak.v1i1.8
##“article.abstract”## viewed = 432 times
Preview PDF 44-54 downloaded = 953 times