Hubungan Peran Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi

  • Boediarsih Boediarsih Universitas Karya Husada Semarang
Keywords: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Siswa

Abstract

Peran orang tua juga sangat diperlukan utuk memberikan edukasi kepada anak–anaknya yang masih belum bisa memahami tentang pandemi yang sedang mewabah untuk tetap berdiam diri dirumah agar tidak terlular dan menularkan wabah pandemi ini. Motivasi belajar peserta didik yang rendah akan berakibat pada proses pembelajaran dan prestasi belajar peserta didik, selain itu dapat juga berpengaruh terhadap perilaku peserta didik. mengetahui hubungan peran orang tua dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 responden dengan teknik pengambilan sampling adalah random sampling. Peran orang tua sebagian besar adalah kurang baik dan Motivasi belajar siswa sebagian besar adalah rendah. Hasil uji statistic menggunakan Chi Square Ada hubungan searah antara peran orang tua dengan motivasi belajar siswa dengan nilai P Value 0,023 < 0,05Ada hubungan antara peran orang tua dengan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi A. (2014), Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto S. (2016) Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya

Djaali. (2016) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hidayati S. Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs AlMukarromin Wadak-Kidul Duduksampeyan Gresik. Skripsi [Internet]. 2021; Available from: http://lib.uinmalang.ac.id/ thesis/cha%0Apter_ii/07410109-suci-hidayati.ps

Iftitah SL, Anawaty MF. (2020), Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE. J Child Educ

Kusumaningrum B, Kuncoro KS, Arigiyati TA, Trisniawati. (2020), Pendampingan Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Pendidik Guru Sekolah Dasar

Lilawati A, (2020), Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi. J Obs.

Mindo R. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Skripsi [Internet]. 2021; Available from: http://www. gunadarma.ac.id/librar%0Ay/articles/graduate/psychology/200%0A8/Art ikel_10503225.pdf

Nofianti R. (2020), Peran Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Di Masa Pandemic Covid 19 Di TK Islam Ibnu Qoyyim. J Abdi Ilmu.

Nursalam, (2017), Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi ke 4. Jakarta: Salemba Medika

Rambe ARR, Tarmidi. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi [Internet]. 2021; Available from: http://repository.usu.ac.id/bitstream%0A/123456789/30170/4/Chapter II%0A.pdf (28 Juni 2021

Suharsono. (2015), Mencerdaskan Anak (Melejitkan Dimensi Moral, Intelektual & Spritual Dalam Memperkaya Khasanah Batin Dan Motivasi Kreatif Anak). Jakarta: Inisiasi Press

Syah M. (2015), Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Perse.

Widyastuti I. (2019), Hubungan Kebersihan Rumah Dengan Motivasi Belajar Anak Usia 9-12 Tahun di Desa Sumberjo Kec. Rembang Kabupaten Rembang.

Yulianingsih W, Suhanadji S, Nugroho R, Mustakim M. (2020), Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini
Published
2023-07-25
How to Cite
Boediarsih, B. (2023, July 25). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 7(2), 75-80. https://doi.org/https://doi.org/10.33655/mak.v7i2.166
##“article.abstract”## viewed = 114 times
PDF downloaded = 57 times