Hubungan Peran Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi
Abstract
Peran orang tua juga sangat diperlukan utuk memberikan edukasi kepada anak–anaknya yang masih belum bisa memahami tentang pandemi yang sedang mewabah untuk tetap berdiam diri dirumah agar tidak terlular dan menularkan wabah pandemi ini. Motivasi belajar peserta didik yang rendah akan berakibat pada proses pembelajaran dan prestasi belajar peserta didik, selain itu dapat juga berpengaruh terhadap perilaku peserta didik. mengetahui hubungan peran orang tua dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 responden dengan teknik pengambilan sampling adalah random sampling. Peran orang tua sebagian besar adalah kurang baik dan Motivasi belajar siswa sebagian besar adalah rendah. Hasil uji statistic menggunakan Chi Square Ada hubungan searah antara peran orang tua dengan motivasi belajar siswa dengan nilai P Value 0,023 < 0,05Ada hubungan antara peran orang tua dengan motivasi belajar siswa.
Downloads
References
Arikunto S. (2016) Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya
Djaali. (2016) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hidayati S. Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs AlMukarromin Wadak-Kidul Duduksampeyan Gresik. Skripsi [Internet]. 2021; Available from: http://lib.uinmalang.ac.id/ thesis/cha%0Apter_ii/07410109-suci-hidayati.ps
Iftitah SL, Anawaty MF. (2020), Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE. J Child Educ
Kusumaningrum B, Kuncoro KS, Arigiyati TA, Trisniawati. (2020), Pendampingan Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Pendidik Guru Sekolah Dasar
Lilawati A, (2020), Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi. J Obs.
Mindo R. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Skripsi [Internet]. 2021; Available from: http://www. gunadarma.ac.id/librar%0Ay/articles/graduate/psychology/200%0A8/Art ikel_10503225.pdf
Nofianti R. (2020), Peran Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Di Masa Pandemic Covid 19 Di TK Islam Ibnu Qoyyim. J Abdi Ilmu.
Nursalam, (2017), Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi ke 4. Jakarta: Salemba Medika
Rambe ARR, Tarmidi. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi [Internet]. 2021; Available from: http://repository.usu.ac.id/bitstream%0A/123456789/30170/4/Chapter II%0A.pdf (28 Juni 2021
Suharsono. (2015), Mencerdaskan Anak (Melejitkan Dimensi Moral, Intelektual & Spritual Dalam Memperkaya Khasanah Batin Dan Motivasi Kreatif Anak). Jakarta: Inisiasi Press
Syah M. (2015), Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Perse.
Widyastuti I. (2019), Hubungan Kebersihan Rumah Dengan Motivasi Belajar Anak Usia 9-12 Tahun di Desa Sumberjo Kec. Rembang Kabupaten Rembang.
Yulianingsih W, Suhanadji S, Nugroho R, Mustakim M. (2020), Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini