Hubungan Budaya Service Excellent Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pengguna BPJS PBI

  • Novy Kumala Sari Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Eva Wijayanti Universitas Muhammadiyah Kudus
Keywords: service excellent, kepuasan pengguna, jaminan kesehatan, mutu layanan keperawatan

Abstract

Pelayanan prima (service excellent) merupakan pilar penting dalam meningkatkan mutu layanan dan kepuasan pasien. Pelayanan prima sendiri meliputi fasilitas dan peralatan fisik, kehandalan dalam pelayanan, daya tanggap, jaminan dan empati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penerapan budaya pelayanan prima dengan tingkat kepuasan pasien pengguna BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Ruang Dahlia UPT RSUD RAA Soewondo Pati. Metode yang digunakan adalah analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 49 responden dipilih menggunakan teknik consecutive sampling. Variabel independen adalah budaya service excellent perawat, dan variabel dependen adalah kepuasan pasien. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji validitas menunjukkan nilai r hitung > r tabel, dan hasil uji reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha menunjukkan nilai α > 0,6. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank menunjukkan nilai korelasi r = 0,786 dan p-value = 0,000, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan dan kuat antara budaya service excellent perawat dan kepuasan pasien. Mayoritas responden menilai bahwa pelayanan prima telah diterapkan dengan baik, khususnya pada aspek empati, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan fasilitas fisik. Hal ini berdampak positif terhadap persepsi pasien terhadap mutu layanan yang diterima. Mayoritas pasien menyatakan puas, terutama dalam hal komunikasi, keramahan, dan kecepatan respon perawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan budaya service excellent dalam praktik keperawatan dapat meningkatkan kepuasan pasien, kepercayaan, dan loyalitas terhadap layanan rumah sakit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djafar IW, Amalia L. Perceptions of recipients of health insurance contribution assistance (BPJS PBI) on health service satisfaction at Toto Utara Public Health Center. Journal Health & Science: Gorontalo Journal Health and Science Community. 2023. Available from: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/gojhes/article/view/20596 exaly.com+9EJurnal UNG+9journal.larpainstitute.com+9

Astuti AW, Stella S, Sarwili I. Efektivitas Pelatihan Service Excellent Terhadap Kinerja Perawat RS Bina Husada Cibinong Bogor Tahun 2022. Journal of Management Nursing. 2022;1(3):97–102. https://oaj.scipro-foundation.co.id/index.php/jmn/article/view/41

Suhenda A. Kepuasan Pasien BPJS PBI terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan di RSUD DR. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (JMIKI). 2021;9(1):72. doi:10.33560/jmiki.v9i1.304 https://jmiki.aptirmik.or.id/jmiki/article/view/68

Salim A, Sari PPS, Yuliana AS. Hubungan penerapan pelayanan prima (service excellent) dengan kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Bhayangkara. Jurnal Kesehatan Tambusai. 2024;5(4):10422–10428. doi:10.31004/jkt.v5i4.34439 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/34439

Lestari H. Pelayanan prima pada rumah sakit umum milik pemerintah di Jawa (studi di RSUP Dr. Kariadi Semarang, RSUD Dr. Soetomo Surabaya dan RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung). Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik. 2021;3(1):55–72. doi:10.14710/dialogue.v3i1.11545 https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/dialogue/article/view/11545

Audina F, Juharni J, Afrizal AF. Evaluasi program BPJS Kesehatan di Puskesmas Mattiro Deceng Kabupaten Pinrang. Publician: Journal of Public Service, Public Policy, and Administration. 2023;2(1):26–31. doi:10.56326/jp.v2i1.2188 https://journal.unibos.ac.id/jp/article/view/2188

Nursalam. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (Edisi ke 4). Jakarta: Salemba Medika; 2020. Available from: https://leksikabookstore.com/product-detail/eBook-Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi ke 4 Nursalam jmiki.aptirmik.or.id

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2018. Available from: https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/Metodologi Penelitian Kesehatan_SC.pdf bajangjournal.com+1jmiki.aptirmik.or.id+1

Wahyuni S, Siswati, Fannya PF, Rumana NA. Kepuasan pasien BPJS PBI terhadap pelayanan pendaftaran rawat jalan di RSUD Koja. JIRK: Jurnal Inovasi Riset dan Knowledge. 2022;2(3):643–650. doi:10.53625/jirk.v2i3.3119 https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/3119

Handayani T, Zaman C, Ekawati D, et al. Analysis of BPJS patient satisfaction with the quality of health services in 2024. Cendekia Medika: Jurnal STIKES Al Ma’arif Baturaja. 2024;9(2) https://jurnal.stikesalmaarif.ac.id/index.php/cendekia_medika/article/view/369

Arikunto S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta; 2019. Available from: https://irigasi.info/wp-content/uploads/2021/03/PROSEDUR PENELITIAN 17 Mar 2021 14 11 12.pdf jmiki.aptirmik.or.id

Istiqamah NF, Slasabila NG, Andira RA. Health Journal "Love That Renews", vol.11, No.2. Health Journal "Love That Renews.* 2023. Accessed 19 Jul 2025. Available from: https://jurnal.ustb.ac.id/index.php/jks/article/view/171/175

Purnomo M, Hartinah D, Suwarto T. Pengaruh layanan terhadap kepuasan pasien BPJS Puskesmas Pecangaan Jepara. 2023. https://ejr.umku.ac.id/index.php/ijp/article/view/2025

Amalia M, Tulit CBI, Nursapriani N. Persepsi kepuasan pasien BPJS Kesehatan dan dimensi kualitas pelayanan rumah sakit umum daerah. Journal of Pharmaceutical and Health Research. 2023;4(1):129–133. doi:10.47065/jharma.v4i1.3028 https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jharma/article/view/3028

Warseno M, Aryanti TD. Level of knowledge of head family has relationship with home health status. Jurnal Kesehatan Madani Medika. 2019;10(1):8–12 https://www.jurnalmadanimedika.ac.id/JMM/article/download/55/34

Kurniasari L, Karina S. Hubungan status pekerjaan ibu dengan pencapaian perkembangan motorik pada anak usia 5 7 tahun. Jurnal Dunia Kesmas. 2020;8(4). doi:10.33024/jdk.v8i4.2272 https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/duniakesmas/article/view/226-232

Barus M, Novitarum L, Sianipar DS. Hubungan service excellent perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. Jurnal Sahabat Keperawatan. 2023;5(1):166–175. doi:10.32938/jsk.v5i01.4029 https://jurnal.unimor.ac.id/JSK/article/view/4029
Published
2025-08-22
How to Cite
Sari, N., & Wijayanti, E. (2025, August 22). Hubungan Budaya Service Excellent Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pengguna BPJS PBI. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 9(2), 92-98. https://doi.org/https://doi.org/10.33655/mak.v9i2.222
##“article.abstract”## viewed = 9 times
PDF downloaded = 8 times