Edukasi Kesehatan PHBS (Aktivitas Fisik, Pola Diet, Dan Berhenti Merokok) Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Pada Penderita Hipertensi
Abstract
Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskuler sering di derita oleh masyarakat. Data World Health Organization (WHO) melaporkan lebih dari 1,3 Miliar orang di dunia menderita penyakit hipertensi. Perilaku hidup yang tidak baik merupakan salah satu faktor resiko terjadinya penyakit hipertensi seperti merokok, minuman beralkohol kurang aktivitas dan olah raga, kebiasaan tidur, dan pola makan. Perilaku hidup yang tidak baik merupakan salah satu faktor resiko terjadinya penyakit hipertensi. Mengetahui pengaruh edukasi kesehatan PHBS (aktivitas fisik, makan sayur buah, dan tidak merokok) terhadap pengetahuan dan perilaku pada penderita hipertensi Di Desa Gedanganak Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi Eksperiment. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Populasi sejumlah 48 orang . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Rerata nilai edukasi pre-test adalah 30.55 dan post-test adalah 50, nilai rata–rata pre-test perilaku adalah 32 dan post-test adalah 52,60. Hasil uji stastistik menggunakan uji Paired T-test dan Uji Wilcoxon memiliki nilai (2-tailed) yang sama yakni 0,000 < 0,05. Ada pengaruh edukasi terhadap pengetahuan dan perilaku pada penderita hipertensi di Desa Gedanganak Kabupaten Semarang.
Downloads
References
Arikunto, P. D. S. (2013a). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (pp. 173–174).
Arikunto, P. D. S. (2013b). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (pp. 174–179).
Asnasari, L. (2017). Hubungan Pengetahuan Tentang Swamedikasi Dengan Pola Penggunaan Obat Pada Masyarakat Dusun Kenaran, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Skripsi, 1–54. https://repository.usd.ac.id/16343/2/148114031_full.pdf
Asyuri, F. A., & Ringoringo, V. S. (2018). Uji AKtivitas Larvasida Ekstrak Etanol 70% Daun Kerehau (Callicarpa longifolia Lam.) Terhadap Larva Nayamuk Aedes aegypti Instar III. Indonesia Natural Research Pharmaceutical Journal.
Beryansah, Dita, H., Eldrian, F., & Jelmila, S. N. (2021). Gambaran Lifestyle Penderita Hipertensi di Puskesmas Pakan Rabaa Gadut Kabupaten 50 Kota. 2-TRIK: Tunas-Tunas Riset Kesehatan, 11(2), 99–103.
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2017). Profil Kesehatan Provinsi Jateng Tahun 2019. 3511351(24).
Dr Irwan SKM, M. K. (2016). Epidemiologi Penyakit Tidak Menular (S. . Invalindiant Candrawinata (ed.)). CV Budi Utama. https://doi.org/https://www.google.co.id/books/edition/Epidemiologi_Penyakit_Tidak_Menular/3eU3DAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=epidemiologi+penyakit+tidak+menular&printsec=frontcover
Ghodang, Hironymus, H. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif (konsep dasar dan aplikasi analisis regresi dan jalur dengan spss).
Imas Maturoh, N. A. t. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, 307.
Jamaludin, & Purnamasari, T. (2022). Penatalaksanaan Pendidikan Kesehatan Diet Hipertensi Terhadap Tingkat Pengetahuan Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Kesehatan Akademi Keperawatan YPIB MAJALENGKA, VIII(8), 43–53.
Lontoh, C., Kiling, M., & Wongkar, D. (2013). Pengaruh Pelatihan Teori Bantuan Hidup Dasar Terhadap Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru Siswa-Siswi Sma Negeri 1 Toili. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 1(1), 111914.
Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113
Nurcahyani, W. F., Rizka, M., Rismayani, R., Pradani, S. A., Astuti, D., Haryani, F., Dewi, D. K., Suyadi, A., Haryanto, Suswardany, D. L., Porusia, M., & Nisariati. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Sonorejo dalam Rangka Meningkatkan Pengetahuan Mengenai Hipertensi dengan Media Poster. Jurnal Warta LPM, 24(4), 656–666.
Pangestika, V. R., Handayani, M. S., Nurul Dani, & Romauli Lisbet Hutapea. (2022). Edukasi Kesehatan dan Senam Sehat guna Pencegahan Hipertensi pada Masyarakat. 12–18.
Riskesdas. (2018). Laporan Provinsi Jawa Tengah Riskesdas 2018. In Kementerian Kesehatan RI.
Savitri, E. W., & Sius, U. (2021). Weight Bearing Excercise dan Penurunan Tekanan Darah Pasien Hipertensi (M. Nasrudin (ed.); 1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.
Setiawan, N. (2017). Diklat Metodelogi Penelitian Sosial. Inspektorat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional Daftar, 25–28. http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/03/teknik_sampling1.pdf
Sugiyono. (2014). Pengertian operasional. Repository UMY.
Suliyanto. (2017). Pelatihan Metode Pelatihan Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 223–232.
Tail, Y. T. N., & Blandina, O. A. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Pencegahan Dan Pengendalian Hipertensi Di Puskesmas Saramaake Kecamatan Wasile Selatan Kabupaten Halmahera Timur Tahun 2019. Jurnal Kepeawatan Dan Kesehatan, 1(1), 10–14. http://e-jurnal.lppmunhena.ac.id/index.php/leleani
WHO. (2015). Demographic and Socioeconomic Statistics. In Proceedings of the National Academy of Sciences (Vol. 3, Issue 1). http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10
William, & Hita. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint. JSM STMIK Mikroskil, 20(1), 71–80.